Baqi’ Al-Ghorqod, Sebuah Arah-Posisi

Kamis sore itu, bertepatan dengan tanggal 17 Dzul-Hijjah 1436 H/1 Oktober 2015 M, kami diberi kesempatan untuk berziarah ke Pekuburan Baqi’ di Madinah. Waktu itu, kami diajak seorang teman dari Pati-Jawa Tengah yang sedang kuliah di Sudan dan seorang temannya yang berkewarganegaraan Sudan untuk bersama-sama masuk ke area Pekuburan Baqi’. Lewat orang Sudan ini, kami diberitahu tentang lokasi-lokasi makam dari para shohabat dan tokoh besar Islam. Hal ini sangat istimewa bagi kami, karena walaupun kami sudah beberapa kali sowan ke Madinah, tapi baru kali ini bisa masuk ke area pekuburan Baqi’.

Lewat esai ini, kami akan menyampaikan beberapa informasi, yang barang kali penting bagi sebagian orang, tentang lokasi-lokasi makam para Shohabat dan tokoh besar Islam di area Baqi’. Kami sajikan beberapa foto yang kami ambil langsung, dan dari beberapa referensi lain. Salah satu buku terbaik tentang kajian ini adalah hasil karya Dr. Muhammad Anwar Al-Bakri dan Ir. Hatim Umar Thoha yang berjudul “بقيع الغرقد”, yang baru dicetak tahun 2004 oleh Maktabah Al-Halaby, Madinah-KSA.

Menurut bahasa, Baqi’ berarti tempat di mana terdapat banyak tunggul (pangkal pohon yg masih tersisa) dari berbagai jenis pohon. Sedangkan Al-Ghorqod adalah pohon berduri yang sangat besar yang banyak tumbuh di Baqi’, yang pada akhirnya ditebang. Dari arti itulah dinamakan Baqi’ Al-Ghorqod. Baqi’ pada mulanya hanya seluas 80x80 m, kemudian ditambah dengan Baqi’ Al-‘Ammat [tempat dua Bibi Nabi dimakamkan, yakni Sayyidah Shofiyah dan Atikah] dengan luas 3.500 m2. Ditambah lagi jalan sempit yang menghubungkan keduanya [kira-kira seluas 824 m2] dan terakhir ditambah daerah Husysyu Kaukab [حشّ كوكب] dimana Shohabat Utsman ibn Affan dimakamkan. Jadi total luas Baqi’ tahun 1385 H adalah sekitar 150x100 m (15.000 m2). Pada tahun 1410 H, area Baqi’ diperluas lagi menjadi 180.000 m2.


Pekuburan Baqi’ mempunyai beberapa keistimewaan, salah satu hadits yang jelas menerangkan tentang itu ialah,


روى الحاكم وابن حبان وغيرهما من طريق أم قيس بنت محصن رضى الله عنها أن النبى صلى الله عليه وسلم قال : أترين هذه المقبرة (لبقيع الغرقد)؟ يبعث الله منها سبعين ألفا يوم القيامة على صورة القمر ليلة البدر يدخلون الجنة بغير حساب

Hadist dari Ummu Qais binti Muhshon sesungghnya Nabi Muhammad Shollallohu alaihi wasallam pernah bersabda: “Apakah kamu mengatahui tentang pekuburan ini (Pekuburan Baqi’)? Allah akan mengutus dari pekuburan ini tujuh puluh ribu hamba Allah pada hari kiamat, mereka bersinar seperti rembulan pada malam purnama , mereka akan masuk surga tanpa hisab” (HR Hakim, Ibn Hibban dll).

Di dalam pekuburan Baqi’ ini lah dimakamkan para istri-istri Nabi, Bibi-bibi Nabi, Cucu-Cucu Nabi, para shohabat dan tokoh-tokoh Islam lainnya [رضي الله عنهم اجمعين]. Beberapa makam yang secara mutawatir diketahui ada di Baqi’ adalah sebagai berikut:


(Notasi huruf-huruf di setiap kubah akan dijelaskan secara acak pada paragraf berikutnya, foto diambil sekitar tahun 1880 M)

1.     Makam beberapa putri Nabi, yaitu Sayyidah Ummu Kultsum, Ruqoyyah dan Zainab, letaknya sekitar 30 m dari pintu masuk utama (kubah Huruf B pada Gambar lama/1880 M).




2.      Makam Ahlu Bait Nabi, meliputi Sayyidah Fathimah Az-Zahro’, Abbas ibn Abdil Muththolib, Hasan ibn Ali, Kepala sayyidina Husein ibn Ali (dalam satu riwayat), Zaenul Abidin ibn Husein ibn Ali, Muhammad Baqir ibn Zaenul Abidin, Ja’far As-Shodiq ibn Muhammad Baqir, dan Sayyidina Ali ibn Abi Tholib (dalam satu riwayat). Letaknya sekitar 25 m dari Makam Putri-Putri Nabi dengan arah selatan sepanjang sebelah kanan dari Makam Putri-Putri Nabi (atau Huruf A).


Di belakang kubah A ini, ada kubah Bait al-Ahzan (Rumah Duka Cita/Huruf I dalam gambar). Di tempat ini, Sayyidah Fatimah biasa berkabung mengenang kepergian ayahnya tercinta Rasulullah SAW. Bangunan ini sekarang tiada bekasnya sama sekali.



Makam Ahlu Bait Nabi radliyallahu anhum

3.      Makam Istri-Istri Nabi, yaitu Sayyidah A’isyah binti Abi Bakr, Saudah binti Zam’ah, Hafshoh binti Umar ibn Khotthob, Zaenab binti Khuzaimah, Ummu Salamah binti Abi Umayyah, Juwairiyah binti Harits, Ummu Habibah Romlah binti Abi Sufyan, Shofiyyah binti Huyayyin, dan Zaenab binti Jahsyin. Letaknya 8 meter sebelah kiri dari Makam Putri-putri Nabi (Huruf C pada gambar kubah lama).
Perlu diketahui, yang pertama kali mendirikan kubah diatas makam adalah Kholifah Umar ibn Al-Khoththob, yaitu saat beliau mendirikan kubah (seperti tenda, dalam bahasa Arab - الفُسطاط) diatas makam Sayyidah Zaenab binti Jahsyin (istri Nabi) [Ibn Bathol dalam Syarh Shohih Bukhori Juz 3/312].





4.     Makam Sayyid Aqil ibn Abi Tholib, Abdulloh ibn Ja’far, Abu Sufyan ibn Harits. Letaknya 5 meter sebelah utara dari Makam Istri-Istri Nabi (kubah Huruf D).




5.       Makam Imam Malik ibn Anas (Imam Darul Hijroh) dan Imam Nafi’ ibn Abi Nu’aim. Letaknya 10 meter sebelah timur dari Makam Aqil ibn Abi Tholib (kubah Huruh E).




6.    Makam Utsman ibn Madz’un (orang yang pertama dimakamkan di Baqi’ dari golongan Muhajirin), makam Sayyid Ibrahim putra Nabi, Abdurrahman ibn Abi Waqqosh, Sa’d ibn Abi Waqqosh, As’ad ibn Zuroroh, Khunais ibn Hudzafah, dan Fathimah binti Asad (ibu sayyidina Ali). Letaknya 20 meter sebelah timur dari makam Imam Maliki (kubah Huruf F).


(Makam Sayyid Ibrahim putra Rosul)

7.      Kuburan para Syuhada’ Harroh (al-qolib), yaitu orang-orang yang mati syahid (sekitar 70 ribu) dalam peperangan membela Madinah dari serangan pasukan Yazid ibn Mu’awiyah, terjadi pada tahun 63 H. Letaknya sekitar 75 meter dari makam Utsman ibn Madz’un.



8.      Makam Kholifah Utsman ibn Affan, terletak ditenga-tengah Baqi’ dan sekitar 135 meter dari Pekuburan Syuhada’ Harroh. Pada awalnya, makam ini terletak di luar Baqi’, tapi setelah perluasan masa Bani Umayyah, makam ini termasuk Baqi’ (kubah Huruf G).



 
9.       Makam shohabat Sa’d ibn Mu’adz, terletak 50 meter sebelah utara makam Utsman ibn Affan.

Makam Shahabat Sa'd ibn Mu'adz radliyallahu anh

10.    Makam Shohabat Abu Sa’id Al-Khudry, awalnya terletak diluar Baqi’ arah timur laut. Tapi setelah perluasan Pemerintah Arab Saudi tahun 1385 H, makam ini sudah termasuk area Baqi’.


11.   Makam Sayyidah Halimah As-Sa’diyah, wanita yang menyusui Nabi, letak makamnya berdekatan dengan makam Abu Sa’id Al-Khudry (kubah Huruf H).



Makam Shahabat Abu Sa'id al-Khudri dan Sayyidah Halimah al-Sa'diyah radliyallahu anhuma

Dan terakhir...


اللهُمَّ اغْفِرْ لأَهْلِ بقيعِ الْغَرْقَدِ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لنا وَلَهُمْ

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar