Muktamar Ahlussunnah Wal-Jama’ah (Aswaja) Di Chechnya Mengukuhkan Konsep Aswaja Mbah Hasyim Asy’ari (NU)

Telah berlangsung sebuah Muktamar (Konferensi) Internasional bertajuk “Siapakah Ahlussunnah wal Jama’ah? Penjelasan Manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah secara Akidah, Fikih dan Akhlak serta Dampak Penyimpangan darinya di Tataran Realitas” yang diselenggarakan pada hari Kamis-Sabtu (25-27/08/2016 M atau 22-24/11/1437 H) di Grozny, Republik Chechnya. Muktamar kali ini dihadiri lebih dari 200 ulama seluruh Dunia. Diantaranya ialah:
  • Syeikh al-Azhar al-Imam al-Akbar, Prof. Dr. Ahmad Muhammad al-Thoyyib
  • Mufti Mesir, Syiekh Prof. Dr. Syauqi Ibrahim ‘Allam
  • Mantan Mufti Mesir, Syeikh Prof. Dr. Ali Jum’ah Muhammad
  • Mufti Syiria, Syeikh Ahmad Badruddin Hassoun
  • Syeikh Prof. Dr. Taufiq Romadlon al-Buthi, putra Syeikh al-Syahid M. Sa’id Romadlon al-Buthi
  • Al-Da’i ila Alloh, al-Habib Umar ibn Hafidz, Yaman
  • Al-Da’i ila Alloh, al-Habib Ali al-Jufri, Yaman
  • Syeikh Prof. Abu Bakr Ahmad Musliyar, Kerala-Hindia, Sekjen Jam'iyyah Ulama' al-Hind
  • Syeikh Prof. Dr. Ahmad al-'Abbadi, Sekjen Robithoh Muhammadiyah lil-Ulama', Maroko
  • Syeikh Dr. Usamah al-Sayyid Mahmud al-Azhari
  • Syeikh Prof. Dr. Syarif Hatim al-Auni, Saudi Arabia
  • Syeikh Dr. Sa’id Abdullatif Foudah, Yordania
  • Dan Ulama’-ulama’ lain dari seluruh Dunia termasuk dari Malaysia dan Indonesia.
Para Ulama’ tadi akhirnya menyepakati beberapa kesimpulan dan rekomendasi, yaitu:

منشور إعلامي
البيان الختامي مؤتمر أهل السنة والجماعة ( جروزني، الشيشان ) روسيا الاتحادية

Maklumat
Deklarasi Akhir Muktamar Ahlissunnah wal-Jama’ah (Grozny, Chechnya) Federasi Rusia

أصدر المؤتمر العالمي لعلماء المسلمين الذي انعقد في مدينة جروزني عاصمة جمهورية الشيشان، والذي استمر ثلاثة أيام من 22 إلى 24 ذي القعدة 1437هـ الموافق 25 إلى 27 أغسطس 2016، تحت عنوان: "من هم أهل السنة والجماعة، بيان وتوصيف لمنهج أهل السنة والجماعة اعتقادا وفقها وسلوكا وأثر الانحراف عنه على الواقع"

وقد انتهى العلماء المجتمعون إلى عدد من النتائج والتوصيات، وجاء أبرزها:

[Kesimpulan]:

أهل السنة والجماعة هم الأشاعرة والماتريدية في الاعتقاد، وأهل المذاهب الأربعة في الفقه، وأهل التصوف الصافي علماً وأخلاقاً وتزكيةً على طريقة سيد الطائفة الإمام الجنيد ومن سار على نهجه من أئمة الهدى.

Ahlussunnah Wal-Jamâ'ah adalah Asy’ariyyah dan Mâtûrîdiyyah dalam akidah, pengikut empat mazhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hanbali) dalam fikih, serta ahli tasawuf yang murni –dalam ilmu, akhlak dan penyucian jiwa— sesuai manhaj Imam Junaid dan para ulama yang meniti jalannya.

للقرآن الكريم حرمٌ يحيطه من العلوم الخادمة له، المساعدة على استنباط معانيه، وإدراك مقاصده، وتحويل آياته إلى حياة وحضارة وآداب وفنون وأخلاق ورحمة وراحة وإيمان وعمران وإشاعة السِّلم والأمان في العالم، حتى ترى الشعوبُ والثقافاتُ والحضاراتُ المختلفة عياناً أن هذا الدين رحمة للعالمين وسعادة في الدنيا والآخرة.

Al-Quran Al-Karim dikelilingi oleh berbagai ilmu yang membantu menggali makna-maknanya, menemukan tujuan-tujuannya, dan mengejawantahkan kandungan ayat-ayatnya ke dalam kehidupan, peradaban, sastra, seni, akhlak, kasih sayang, kedamaian, keimanan dan pembangunan, serta menyebarkan perdamaian dan keamanan ke seluruh dunia. Sehingga suku-suku, kebuyaan dan peradaban yang berbeda-beda mampu melihat dengan jelas bahwa agama ini adalah rahmat bagi seluruh semesta alam, serta jaminan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

هذا المؤتمر نقطة تحول هامة وضرورية لتصويب الانحراف الحاد والخطير الذي طال مفهوم "أهل السنة والجماعة" إثر محاولات اختطاف المتطرفين لهذا اللقب الشريف وقَصرِه على أنفسهم وإخراج أهله منه.

Muktamar ini merupakan titik balik yang berkah untuk meluruskan penyimpangan akut yang berbahaya yang mendominasi pengertian “Ahlussunnah Wal Jamaah” setelah berbagai upaya pembajakan kalangan ektremis terhadap istilah ini dan membatasinya hanya pada diri mereka serta mengafirkan umat Islam lainnya.
Kalau kita cermati, kesimpulan-kesimpulan dari Muktamar tersebut secara tidak langsung sepadan bahkan mengukuhkan konsep Ahlussunnah Wal-Jama’ah (Aswaja) yang sudah sejak dulu dirumuskan oleh Hadlrotus-Syeikh KH. Hasyim Asy’ari (1817 – 1947 M/1287 – 1366 H), Ro’is Akbar Nahdlatul Ulama’ (NU). Sekitar satu abad yang lalu, beliau sudah memberikan tashawur (gambaran) tentang Ahlussunnah Wal-Jama’ah sebagaimana ditegaskan dalam al-qanun al-asasi NU (sekitar tahun 1330 H), bahwa faham Ahlussunnah Wal-Jamaah versi NU adalah mengikuti Abu Hasan al-Asy’ari (w. 324 H) dan Abu Manshur al-Maturidi (w. 333 H) dalam akidah, mengikuti salah satu empat madzhab (Hanafi, Maliki, Syafi’I dan Hanbali) dalam fiqh, dan bertashawwuf sebagaimana yang difahami oleh Imam al-Ghazali (w. 505 H) dan/atau Imam Junaid al-Baghdadi (w. 297 H). Mereka itulah yang disebut-sebut dalam Hadits sebagai al-Sawwad al-A'dzom (Umat Islam mayoritas).
(Sambutan Syeikh al-Azhar pada pembukaan Muktamar)

Muktamar ini juga mengeluarkan beberapa rekomendasi yang meliputi:

توصيات:

[Rekomendasi]:

1. أوصى المؤتمر بإنشاء قناة تليفزيونية على مستوى روسيا الاتحادية لتوصيل صورة الإعلام الصحيحة للمواطنين ومحاربة التطرف والإرهاب.

- Membuat channel TV di Rusia untuk menyampaikan citra Islam yang benar kepada masyarakat dan memerangi ekstremisme dan terorisme.

2. زيادة الاهتمام بقنوات التواصل الاجتماعي وتخصيص ما يلزم من الطاقات والخبرات للحضور الإيجابي في تلك الوسائط حضوراً قويّاً وفاعلا.

- Meningkatkan perhatian kepada berbagai media sosial, dan mengerahkan kemampuan dan keahlian yang diperlukan untuk ikut mewarnai secara serius dan aktif di media-media tersebut.

3. أن يتم إنشاء مركز علمي بجمهورية الشيشان لرصد ودراسة الفرق المعاصرة ومفاهيمها وتشكيل قاعدة بيانات موثقة تساعد على التفنيد والنقد العلمي للفكر المتطرف، واقترح المتجمعون أن يحمل هذا المركز اسم "تبصير".

- Menyempurnakan pembangunan Pusat Ilmiah di Republik Chechnya untuk memantau dan mempelajari aliran-aliran kontemporer dan konsep-konsepnya, dan membuat data terpercaya untuk membantu dalam membantah dan mengkritik secara ilmiah terhadap pemikiran ekstrem. Dan para hadirin di Muktamar mengusulkan pusat ilmiah tersebut bernama “Tabshir” (Pencerahan).

4. عودة مدارس العلم الكبرى والرجوع إلى تدريس دوائر العلم المتكاملة التي تخرِّج العلماء والقادرين على تفنيد مظاهر الانحراف الكبرى.

- Menyadarkan kembali berbagai lembaga pendidikan Islam yang besar akan jati dirinya, sejarah dan metodologi pendidikan mereka yang otentik dan klasik, dan kembali mengajarkan lingkaran ilmu pengetahuan yang integral, yang dapat melahirkan para ulama yang mampu membimbing umat, membantah berbagai fenomena penyimpangan pemikiran, dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan perdamaian, serta menjaga tanah air

5. ضرورة رفع مستوى التعاون بين المؤسسات العلمية العريقة كالأزهر الشريف والقرويين والزيتونة وحضرموت ومراكز العلم والبحث فيما بينها ومع المؤسسات الدينية والعلمية في روسيا الاتحادية.

- Perlunya meningkatkan kerjasama antar berbagai lembaga pendidikan yang bergengsi, seperti al-Azhar al-Syarif, al-Qarawiyyin, al-Zaitouna, Hadhramaut dan pusat-pusat ilmu pengetahuan dan penelitian yang lain dengan lembaga-lembaga keagamaan dan ilmiah di Federasi Rusia.

6. ضرورة فتح منصات تعليمية للتعليم عن بُعد لإشاعة العلم الآمن.

- Pentingnya membuka sistem belajar-mengajar jarak jauh untuk menyebarkan ilmu yang benar.

7. توجيه النصح للحكومات بضرورة دعم المؤسسات الدينية والمحاضن القائمة على المنهج الوسطي المعتدل، والتحذير من خطرِ اللعب على سياسية الموازنات وضربِ الخطاب الديني ببعضه.

- Memberikan saran kepada seluruh pemerintahan akan pentingnya mendukung lembaga-lembaga keagamaan dan instansi-instansi pendidikan yang berbasis moderat dan lurus, dan memperingatkan akan bahaya politik adu domba dan upaya membenturkan antar pemahaman keagamaan.

8. يوصي المؤتمر الحكومات بتشريع قوانين تجرِّم نشرَ الكراهية والتحريض على الفتنة والاحتراب الداخلي والتعدي على المؤسسات.

- Para peserta Muktamar merekomendasikan kepada seluruh pemerintahan untuk membuat perundang-undangan yang mengatur tentang sanksi atas penyebaran kebencian, hasutan kepada fitnah, memerangi dan/atau bertindak lalim terhadap instansi-instansi tadi.

9. أوصى المشاركون مؤسسات أهل السنة الكبرى – الأزهر ونحوه - بتقديم المنح الدراسية للراغبين في دراسة العلوم الشرعية من مسلمي روسيا.

- Para peserta merekomendasikan instansi-instansi Ahlussunnah yang besar – al-Azhar dan semisalnya- untuk memberikan beasiswa bagi Muslim Rusia yang ingin belajar ilmu-ilmu syariat.

10. كما أوصى المشاركون بأن ينعقد هذا المؤتمر الهام بشكل دوري لخدمة هذه الأهداف الجليلة.

- Para peserta merekomendasikan agar Muktamar yang penting ini diselenggarakan secara berkala untuk senantiasa bisa mengelola tujuan-tujuan yang mulia ini.

وتقدم المشاركون بالشكر لفخامة الرئيس رمضان أحمد قديروف لجهوده المباركة في خدمة القرآن الكريم والسنة المطهرة. وفقه الله وأعانه وسدد خطاه.

Para peserta Muktamar menyampaikan rasa terimakasih yang sangat besar kepada Presiden Ramdhan Ahmad Kadyrov atas segala upayanya dalam berkhidmah kepada al-Quran dan al-Sunnah yang suci. Semoga Alloh memberi taufiq dan pertolonga kepadanya serta meluruskan kekeliruannya.

صدر في جروزني، جمهورية الشيشان 24 ذو القعدة 1437هـ، 27 أغسطس 2016م

Dirilis di Grozny, Republik Chechnya, 24 Dzulqa’dah 1437 H/27 Agustus 2016 M.

(Sambutan Syeikh Ali Jum'ah pada pembukaan Muktamar)

-------Versi Bahasa Arab diambil dari http://www.naseemalsham.com/

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment