Hukum Mendirikan Shalat Fardlu di Kendaraan


[1] Tentu sudah banyak yang tahu jikalau kita diperbolehkan untuk mengerjakan salat sunnah di kendaraan saat bepergian. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Umar dan Jabir, serta riwayat yang lainnya. Kebolehan ini berlaku saat bepergian jauh maupun dekat, dalam arti tidak harus berupa bepergian yang denganya diperbolehkan mengqoshor salat. Cara pengerjaannya pun boleh dilakukan dengan cara sebisanya. Hanya saja ada sedikit catatan yang perlu diperhatikan, yaitu (1) bepergiannya termasuk bepergian yang diperbolehkan (bukan maksiat), (2) jika memungkinkan dan mudah untuk menghadap kiblat, maka  diharuskan saat takbirotul ihram untuk menghadap kiblat, dan (3) jika memungkinkan dan mudah untuk mengerjakan rukuk dan sujud secara sempurna, maka wajib keduanya dikerjakan secara sempurna. Dan perlu diketahui lagi bahwa hukum tersebut tidak berlaku saat bepergian memakai kapal laut (safinah), karena menurut pandangan para Ulama, tidak ada kesukaran (masyaqqah) dalam kasus kapal laut ini. Sehingga diwajibkan bagi para penumpang kapal untuk menghadap kiblat dan menyempurnakan semua rukun, baik saat kapalnya berhenti maupun saat berlayar. Walaupun diperbolehkan bagi para awak kapal untuk tidak menghadap kiblat dan tidak harus menyempurnakan rukun-rukun salat saat kapalnya berlayar. Atau dengan kata lain, hukum bagi para awak kapal sama seperti kasus salat sunnah di kendaraan. 

Referensi utama:

1) Al-Iqna’ fi halli alfadzi Abi Suja’ (1/126), karya Syeikh Syamsuddin al-Khothib al-Syirbini (w. 977 H)

(وَ) الْحَالَةُ الثَّانِيَةُ فِي (النَّافِلَةِ فِي السَّفَرِ) الْمُبَاحِ لِقَاصِدِ مَحَلٍّ مُعَيَّنٍ؛ لِأَنَّ النَّفَلَ يُتَوَسَّعُ فِيهِ كَجَوَازِهِ قَاعِدًا لِلْقَادِرِ فَلِلْمُسَافِرِ الْمَذْكُورِ التَّنَفُّلُ مَاشِيًا، وَكَذَا (عَلَى الرَّاحِلَةِ) لِحَدِيثِ جَابِرٍ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يُصَلِّي عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ بِهِ» . أَيْ: فِي جِهَةِ مَقْصِدِهِ «فَإِذَا أَرَادَ الْفَرِيضَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ» رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَجَازَ لِلْمَاشِي قِيَاسًا عَلَى الرَّاكِبِ بَلْ أَوْلَى.

2) Tuhfah al-Muhtaj fi syarh al-Minhaj (1/486-490), karya Syeikhul Islam Ibn Hajar al-Haitami (w. 974 H)

(وَ) إلَّا فِي (نَفْلِ السَّفَرِ) الْمُبَاحِ.... وَيَجِبُ اسْتِقْبَالُ رَاكِبِ السَّفِينَةِ إلَّا الْمَلَّاحَ وَهُوَ مَنْ لَهُ دَخْلٌ فِي تَسْيِيرِهَا فَإِنَّهُ يَتَنَفَّلُ لِجِهَةِ مَقْصِدِهِ وَلَا يَلْزَمُهُ الِاسْتِقْبَالُ إلَّا فِي التَّحَرُّمِ إنْ سَهُلَ وَلَا إتْمَامُ الْأَرْكَانِ وَإِنْ سَهُلَ.... (وَلَا يُشْتَرَطُ طُولُ سَفَرِهِ عَلَى الْمَشْهُورِ).... (فَإِنْ أَمْكَنَ) أَيْ سَهُلَ (اسْتِقْبَالُ الرَّاكِبِ فِي مَرْقَدٍ) كَمِحَفَّةٍ (وَإِتْمَامُ رُكُوعِهِ وَسُجُودِهِ) وَحْدَهُمَا، أَوْ مَعَ غَيْرِهِمَا (لَزِمَهُ) الِاسْتِقْبَالُ، وَالْإِتْمَامُ لِمَا قُدِّرَ عَلَيْهِ مِنْ الْكُلِّ،... (وَيَخْتَصُّ) وُجُوبُ الِاسْتِقْبَالِ حَيْثُ سَهُلَ (بِالتَّحَرُّمِ) فَلَا يَجِبُ فِيمَا بَعْدَهُ وَإِنْ سَهُلَ؛

3) Al-Majmu’ syarh al-Muhadzdzab (3/232-233), karya al-Imam Abu Zakaria al-Nawawi (w. 676 H)

(وَأَمَّا النَّافِلَةُ فَيُنْظَرُ فِيهَا فَإِنْ كَانَ فِي السَّفَرِ وَهُوَ عَلَى دَابَّتِهِ نُظِرَتْ فَإِنْ كَانَ يمكنه أن يدور على ظهرها كالعمارية والمحمول الْوَاسِعِ لَزِمَهُ أَنْ يَتَوَجَّهَ إلَى الْقِبْلَةِ لِأَنَّهَا كَالسَّفِينَةِ وَإِنْ لَمْ يُمْكِنْهُ ذَلِكَ جَازَ أَنْ يَتْرُكَ الْقِبْلَةَ وَيُصَلِّيَ عَلَيْهَا حَيْثُ تَوَجَّهَ لِمَا رَوَى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ " كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي عَلَى رَاحِلَتِهِ فِي السَّفَرِ حَيْثُمَا تَوَجَّهَتْ بِهِ " وَيَجُوزُ ذَلِكَ فِي السَّفَرِ الطَّوِيلِ وَالْقَصِيرِ لِأَنَّهُ أُجِيزَ حَتَّى لَا يَنْقَطِعَ عَنْ السَّيْرِ وَهَذَا مَوْجُودٌ فِي الْقَصِيرِ وَالطَّوِيلِ).....
أَمَّا الرَّاكِبُ فِي سَفِينَةٍ فَيَلْزَمُهُ الِاسْتِقْبَالُ وَإِتْمَامُ الْأَرْكَانِ سواء كانت واقفة أَوْ سَائِرَةً لِأَنَّهُ لَا مَشَقَّةَ فِيهِ وَهَذَا مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ هَذَا فِي حَقِّ رُكَّابِهَا الْأَجَانِبِ اما ملاحها الذى يسبرها فَقَالَ صَاحِبُ الْحَاوِي وَأَبُو الْمَكَارِمِ يَجُوزُ لَهُ تَرْكُ الْقِبْلَةِ فِي نَوَافِلِهِ فِي حَالِ تَسْيِيرِهِ

***
[2] Kemudian yang menjadi persoalan, bagaimana dengan salat wajib yang dikerjakan di kendaraan, apakah bisa disamakan seperti salat sunnah. Para ulama’ ahli fiqh (fuqoha’) klasik sudah membahasnya dengan sangat detail di karya-karya mereka. Para fuqoha' itu membedakan persoalan ini kedalam dua kasus yang berbeda, yaitu (1) salat wajib di kapal laut (safinah), dan (2) salat wajib di kendaraan darat (al-dabbah). Untuk kasus pertama, para ulama’ ahli fiqh -terutama madzhab Syafi’i- menyatakan bahwa salat wajib di kapal laut (safinah) hukumnya boleh dan sah asal memenuhi syarat dan rukun salat seperti biasanya, misalnya harus menghadap kiblat, menyempurnakan semua rukun-rukunnya, dan yang lainnya. Sedangkan untuk kasus kedua -yakni di kendaraan darat-, para ulama’ memerinci kedalam dua kondisi yang berbeda, yaitu: jika kendaraannya dalam kondisi berhenti, maka menurut mayoritas ulama’ hukumnya boleh dan sah karena dianggap seperti salat di tempat biasa. Sedangkan jika dalam kondisi bergerak, maka menurut mayoritas ulama’ ahli fiqh hukumnya tidak sah, karena dianggap tidak istiqror (menetap), dalam arti gerakan kendaraan tersebut melekat pada dirinya. Hanya saja jika dalam keadaan mendesak, misalnya waktu salat sudah mau habis sedangkan dia masih di kendaaran, maka dia diperbolehkan mengerjakan salat di kendaraan dengan sebisanya sebagai shalat li-hurmatil-waqti, dimana dia masih berkewajiban mengulang salat tersebut (i'adah). Perlu diketahui bahwa termasuk kategori salat wajib adalah salat mayit dan salat yang dinazari.

Referensi utama:

1) Al-Majmu’ syarh al-Muhadzdzab (3/242), karya al-Imam Abu Zakaria al-Nawawi (w. 676 H)

(الثَّامِنَةُ) شَرْطُ الْفَرِيضَةِ الْمَكْتُوبَةِ أَنْ يَكُونَ مُصَلِّيًا مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مُسْتَقِرًّا فِي جَمِيعِهَا فَلَا تَصِحُّ إلَى غَيْرِ الْقِبْلَةِ فِي غَيْرِ شِدَّةِ الْخَوْفِ وَلَا تَصِحُّ مِنْ الْمَاشِي الْمُسْتَقْبِلِ وَلَا مِنْ الرَّاكِبِ الْمُخِلِّ بِقِيَامٍ أَوْ اسْتِقْبَالٍ بِلَا خِلَافٍ فَلَوْ اسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ وَأَتَمَّ الْأَرْكَانَ فِي هَوْدَجٍ أَوْ سَرِيرٍ أَوْ نَحْوِهِمَا عَلَى ظَهْرِ دَابَّةٍ وَاقِفَةٍ ففى صحة فريضة وَجْهَانِ أَصَحُّهُمَا تَصِحُّ وَبِهِ قَطَعَ الْأَكْثَرُونَ مِنْهُمْ الْقَاضِي أَبُو الطَّيِّبِ وَالشَّيْخُ أَبُو حَامِدٍ وَأَصْحَابُ التَّتِمَّةِ وَالتَّهْذِيبِ وَالْمُعْتَمَدِ وَالْبَحْرِ وَآخَرُونَ وَنَقَلَهُ الْقَاضِي عَنْ الْأَصْحَابِ لِأَنَّهُ كَالسَّفِينَةِ وَالثَّانِي لَا يَصِحُّ وَبِهِ قَطَعَ الْبَنْدَنِيجِيُّ وَإِمَامُ الْحَرَمَيْنِ وَالْغَزَالِيُّ فَإِنْ كانت االدابة سَائِرَةً وَالصُّورَةُ كَمَا ذَكَرْنَا فَوَجْهَانِ حَكَاهُمَا الْقَاضِي حُسَيْنٌ وَالْبَغَوِيُّ وَالشَّيْخُ إبْرَاهِيمُ الْمَرْوَزِيُّ وَغَيْرُهُمْ الصَّحِيحُ الْمَنْصُوصُ لَا تَصِحُّ لِأَنَّهَا لَا تُعَدُّ قَرَارًا وَالثَّانِي تَصِحُّ كَالسَّفِينَةِ...  [ المجموع شرح المهذب ج ٣ ص ٢٤٢ ]

2) Syarh al-Nawawi ala Shohih Muslim (5/210), karya al-Imam Abu Zakaria al-Nawawi (w. 676 H)

وَقَالَ أَبُو سَعِيدٍ الْإِصْطَخْرِيُّ مِنْ أَصْحَابِنَا يَجُوزُ التَّنَفُّلُ عَلَى الدَّابَّةِ فِي الْبَلَدِ وَهُوَ مَحْكِيُّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ وَأَبِي يُوسُفَ صَاحِبِ أَبِي حَنِيفَة ،َ وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ الْمَكْتُوبَةَ لَا تَجُوزُ إِلَى غَيْرِ الْقِبْلَةِ وَلَا عَلَى الدَّابَّةِ وَهَذَا مُجْمَعٌ عَلَيْهِ إِلَّا فِي شِدَّةِ الْخَوْف ،ِ فَلَوِ أَمْكَنَهُ اسْتِقْبَالُ الْقِبْلَةِ وَالْقِيَامُ وَالرُّكُوعُ وَالسُّجُودُ عَلَى الدَّابَّةِ وَاقِفَةً عَلَيْهَا هَوْدَجٌ أَوْ نَحْوُهُ جَازَتِ الْفَرِيضَةُ عَلَى الصَّحِيحِ فِي مَذْهَبِنَا ، فَإِنْ كَانَتْ سَائِرَةً لَمْ تَصِحَّ عَلَى الصَّحِيحِ الْمَنْصُوصِ لِلشَّافِعِيِّ وَقِيلَ تَصِحُّ كَالسَّفِينَةِ... قَالَ أَصْحَابُنَا يُصَلِّي الْفَرِيضَةَ عَلَى الدَّابَّةِ بِحَسَبِ الْإِمْكَانِ وَتَلْزَمُهُ إِعَادَتُهَا لِأَنَّهُ عُذْرٌ نَادِرٌ ، [انظر شرح النووي على صحيح مسلم ج ٥ ص ٢١٠ ]

3) Fath al-Wahhab bi Syarh Manhaj al-Thullab (1/44), karya Syeikhul Islam Zakaria al-Anshori (w. 926 H)

(وَلَوْ صَلَّى) شَخْصٌ (فَرْضًا) عَيْنِيًّا أَوْ غَيْرَهُ (عَلَى دَابَّةٍ وَاقِفَةٍ وَتَوَجَّهَ) الْقِبْلَةَ (وَأَتَمَّهُ) أَيْ الْفَرْضَ فَهُوَ أَعَمُّ مِنْ قَوْلِهِ وَأَتَمَّ رُكُوعَهُ وَسُجُودَهُ (جَازَ) ، وَإِنْ لَمْ تَكُنْ مَعْقُولَةً لِاسْتِقْرَارِهِ فِي نَفْسِهِ (وَإِلَّا) بِأَنْ تَكُونَ سَائِرَةً أَوْ لَمْ يَتَوَجَّهْ أَوْ لَمْ يُتِمَّ الْفَرْضَ (فَلَا) يَجُوزُ لِرِوَايَةِ الشَّيْخَيْنِ السَّابِقَةِ وَلِأَنَّ سَيْرَ الدَّابَّةِ مَنْسُوبٌ إلَيْهِ بِدَلِيلِ جَوَازِ الطَّوَافِ عَلَيْهَا فَلَمْ يَكُنْ مُسْتَقِرًّا فِي نَفْسِهِ نَعَمْ إنْ خَافَ مِنْ نُزُولِهِ عَنْهَا انْقِطَاعًا عَنْ رُفْقَتِهِ أَوْ نَحْوِهِ صَلَّى عَلَيْهَا وَأَعَادَ كَمَا مَرَّ.. [فتح الوهاب بشرح منهج الطلاب ج ١ ص ٤٤ ]

4) Al-Minhaj al-Qowim Syarh al-Muqoddimah al-Hadlromiyah  (1/117), karya Syeikhul Islam Ibn Hajar al-Haitami (w. 974 H)

أما الفرض ولو جنازة ومنذورة فلا يصلي على دابة سائرة مطلقًا لأن الاستقرار فيه شرط احتياطًا له، نعم إن خاف من النزول على نفسه أو ماله وإن قل أو فوت رفقته إذا استوحش به كان له أن يصلي الفرض عليها وهي سائرة إلى مقصده ويومئ ويعيد، [المنهاج القويم ج ١ ص ١١٧ ]

***
[3] Persoalan berikutnya yang belum dibahas adalah mengerjakan salat wajib di pesawat terbang. Pada masa ulama’-ulama’ fiqh klasik belum ditemukan teknologi untuk menciptakan sebuah pesawat, sehingga belum ada fatwa atau kajian secara eksplisit tentang hukum salat di pesawat. Akan tetapi, dengan cara mengilhaqkan dengan beberapa kasus yang sudah dibahas di kitab-kitab fiqh karya mereka (al-kutub al-mu’tabaroh), ulama’-ulama’ pada masa berikutnya -termasuk para kiai Nusantara- akhirnya sudah banyak yang mengeluarkan fatwa terkait dengan masalah tersebut. Salah satu dari mereka ialah Syeikh Isma’il Utsman Zain al-Yamani al-Makki (1352 – 1414 H) -seorang mufti Mekah dan guru dari para kiai Nusantara- menfatwakan bahwa salat wajib di pesawat terbang hukumnya tidak sah. Sehingga hanya boleh dikerjakan dikala mendesak dan nanti wajib diulangi (i’adah). Fatwa ini berdasarkan beberapa keterangan dari kitab-kitab fiqh al-mu’tabaroh yang menyatakan bahwa salah satu syarat bagi orang yang salat adalah harus menetap (istiqror) diatas bumi, baik secara langsung atau dengan perantara, berupa salat fardhu ataupun salat sunah, dan baik orang tersebut salatnya dalam posisi berjalan, naik kendaraan atau diangkat. Dalam semua keadaan tersebut disyaratkan harus menempel dan menetap diatas bumi meskipun diatas hewan tunggangan, diatas tempat tidur yang diangkat diatas pundak beberapa orang, atau ia sedang berada dipuncak gunung atau bahkan diatas ranting sebuah pohon. Sedangkan apabila ia mengawang diangkasa maka salatnya tidak sah meskipun ia berada diatas suatu benda seperti berada didalam kotak, sebab ia tidak dikatakan menetap (istiqror) meskipun dengan perantara. 

Referensi utama:

1) Asna al-Matholib fi Syarh Roudl al-Tholib (1/136), karya Syeikhul Islam Zakaria al-Anshori (w. 926 H)

(فَرْعٌ يُشْتَرَطُ فِي) صِحَّةِ صَلَاةِ (الْفَرِيضَةِ الِاسْتِقْرَارُ وَالِاسْتِقْبَالُ وَتَمَامُ الْأَرْكَانِ) احْتِيَاطًا لَهَا وَلِمَا مَرَّ فِي خَبَرِ الشَّيْخَيْنِ أَوَائِلَ الْبَابِ [أسنى المطالب في شرح روض الطالب ج 1 ص 136]

2) Hasyiah al-Romly al-Kabir ala Asna al-Matholib (1/136), karya Syeikh Syihabuddin Ahmad al-Romly (w. 957 H)

[فَرْعٌ يُشْتَرَطُ فِي صِحَّةِ صَلَاةِ الْفَرِيضَةِ الِاسْتِقْرَارُ وَالِاسْتِقْبَالُ وَتَمَامُ الْأَرْكَانِ إلَّا لِضَرُورَةٍ] (قَوْلُهُ يُشْتَرَطُ فِي الْفَرِيضَةِ الِاسْتِقْرَارُ) فَلَوْ حَمَلَهُ رَجُلَانِ وَوَقَفَا فِي الْهَوَاءِ أَوْ صَلَّى عَلَى دَابَّةٍ سَائِرَةٍ فِي هَوْدَجٍ لَمْ تَصِحَّ [حاشية الرملي الكبير على أسنى المطالب ج 1 ص 136]

3) Al-Majmu' Syarh al-Muhadzdzab (3/260), karya al-Imam Abu Zakaria al-Nawawi (w. 676 H)

وَالثَّالِثُ يَجُوزُ الِاسْتِنَادُ إنْ كَانَ بِحَيْثُ لَوْ رُفِعَ السِّنَادُ لَمْ يَسْقُطْ وَإِلَّا فَلَا هَذَا فِي اسْتِنَادٍ لَا يَسْلُبُ اسْمَ الْقِيَامِ فَإِنْ اسْتَنَدَ مُتَّكِئًا بِحَيْثُ لَوْ رَفَعَ عَنْ الْأَرْضِ قَدَمَيْهِ لَأَمْكَنَهُ الْبَقَاءُ لَمْ تَصِحَّ صَلَاتُهُ بِلَا خِلَافٍ لِأَنَّهُ لَيْسَ بِقَائِمٍ بَلْ معلق نفسه بشئ [المجموع شرح المهذب ج 3 ص 260]

Sekianwa-Allahu-A'lam bis-Shawab.
@Abdul Latif Ashadi

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment