Guru Kami, Kiai Hamdan (Bag 3/3)

Peninggalan Ilmiah

Di sela-sela kesibukan beliau dalam mengajar dan membimbing para santri serta masyarakat, beliau masih menyempatkan diri untuk menulis beberapa karya dalam bahasa Arab. Diantara karya tulis beliau ialah (1) al-Mandzumah al-Unsiyyah dalam bidang Nahwu yang terdiri dari 412 bait nadzom, (2) al-Mandzumah al-Haidariyah juga dalam Ilmu Nahwu hanya saja beliau belum sempat merampungkannya, dan (3) al-Iqd al-Haidary fi Taqwim al-Taly wa al-Qory yang merupakan risalah tentang hukum-hukum waqf (pemberhentian disaat membaca al-Qur’an) dan ibtida’ (permulaan dalam membaca al-Qur’an). Walaupun risalah ini terlihat kecil dan sederhana, tapi sangat besar manfaatnya bagi kita yang notabene belum mahir menguasai Bahasa Arab tapi dituntut bisa membaca al-Qur’an -yang berbahasa Arab- dengan fasih dan benar.

Dari ketiga karya beliau tersebut, yang paling menarik dan akan kami jelaskan lebih lanjut adalah al-Mandzumah al-Unsiyyah. Sekarang ini, kitab tersebut masih dalam proses editing dan insya’alloh tidak lama lagi akan diterbitkan. Seperti halnya susunan kitab-kitab Nahwu yang lain, kitab ini diawali dengan pembahasan tentang Kalam, Kalimah dan pembagiannya. Kemudian disusul Bab I’rob, Ma’rifati Alamat al-I’rob, termasuk juga Bab khusus tentang Al-Ism alladzi La Yanshorif. Setelah itu dilanjutkan dengan pembagian Fi’il (Qismah al-Af’al), Awamil al-Jazm, Marfu’at al-Asma’ secara lengkap dan detail, Manshubat al-Asma’, dan seterusnya. Walaupun begitu, ada juga Bab-bab khusus yang sering dianggap sulit oleh para santri, oleh beliau dibahas secara khusus dalam beberapa Bab, misalnya saja tentang Bab Tarhim, Munada, Ta’ajjub, Af’al Madh wa al-Dzamm, Ighro’ wa al-Tahdzir, al-Ikhtishosh, al-Isytighol, Ya al-Nafs wa al-Nun al-Wiqoyah, dan ditutup dengan Bab Jam’ al-Taksir. Untuk bertambahnya barokah, kami sampaikan disini beberapa bait dari kitab beliau tersebut.

Bagian mukaddimah

منــظومــــــة الأنـســــــــيّـة
الحمـــــــد لله على اللانعــــام ***  وأفضل الصـــلاة والســــــلام
عـــــلى محمـــد حبــــيب الله *** وألــــــــه وصحبـــــــــه الأواه
وبـعد فالنحــــو أبو العلــــوم ***  أحـــق بالتقـديـــــم والتـعليــــم
إذالكــــلام دونــــه لايعتبـــــر ***   لأجــل ذالك اعتنى من قد عبر
وهــــذه منـــظومـــة أنسيــــة *** والله ربــــي أســــأل العنايــــة
وأسـأل النفـــــع على التمــــام ***  من بدئها إلى انتـــها فلتعـــــلم

Bab Ta’ajjub (ungkapan kekaguman)

باب التعجب
وصيغتان للتعجب عرف *** ماأفعل او أفعل به كما ألف
ونصبـوا ما بعد أفعل كما ***  او في حبيبــنا وأكرم بهما
وحذفــوا ما يتعجب ظهـر ***  كقوله أبصر وما قبل استقر
معــرفة نــكـرة مختصّـة ***  ما يتعجبـــو مثالا هاتـــوا
وقد تزاد كــان في كقولنـا ***  ما كـان أكثر العلــوم عندنا

Pada karyanya ini, beliau menyisipkan juga penjelasan tentang Dlomir Sya’n yang menjadi ism-nya Inna. Kita tahu bahwa keterangan tentang dlomir ini jarang ditemukan di kitab-kitab nahwu tingkat dasar. Penjelasan beliau tersebut dapat ditemukan di bait berikut ini:

أنّ إذا ما خفّفن فتعمل *** ضمير شأن فاسمها لايغفل
إسميّـة فعليّـة خبرهــا *** أخـر دعواهم تمامـا فاتلهـا

Bagian penutup

خــاتمــة
هذا أخـير مـا هــدانا الله *** من جمع ذا النظم وما أولاه
ناظـم ذاك من له هــوان ***  خادمـــهم أفقـرهم حمـــدان
أخــذه من كتـــب نحويــة ***  كمثـــل إمــلاء ومن ألفيــة
وكالشذور والشجاع القطري *** وابن عقيل وكتاب الأزهري
أبيـــاته أربعة من المـــائة ***  مع اثنتـــي عشرة مليئـــة
وإن تجد عيبا فسدد الخللا ***  فعزّ من لاعيب فيه وعلا
فيسأل الرحمــن أن يجعلـه *** نفعــــا لمــن كتبـــــه قرأه
وإن يكون خالصا لوجهــه ***  سبحانـــه ونافعـــا لعقبـــه
ثم الصلاة مع سلام كامل ***  على النبي المصطفى مزمل
محمــد وآلـــه وأصحابــه *** عترتــــه أتباعـــه وحزبـــه
ومن دعا لنــا بخير واتبــع *** سننـــه وبهجـــه ولاتبـــدع
آمــين آمــين فكـــــررنـــها ***  بعــد الدعــاء كثره بلانتها
آمين آمين لاأرضى بواحدة *** حــتى أبلغغا ألفـــين آمــين

Maqola dan Sya'ir

Disamping beberapa karya ilmiah, beliau juga mewariskan beberapa maqolah yang sering beliau pesankan kepada putra-putri dan santri-santri beliau. Diantara nasihat dan dawuh beliau yang selalu kami ingat adalah:
  • من أتعب صغيرا استراح كبيرا (Barangsiapa bersusah payah di masa muda [dalam menuntut ilmu], maka dia akan memperoleh ketenangan di masa tua).
  • تعلم العلم قبل ان ترأس (Tuntutlah ilmu sebelum kamu menjadi pemuka)
  • البركة زيادة الخير على الغير (Berkah itu bertambahnya kabaikan kepada sesama)
  • “Jadilah orang yang berilmu (‘alim) atau ahli ibadah yang sholih”
  • الكتاب مهجتي لا يجوز مفارقتي (Kitab adalah darahku, maka tidak boleh terpisah dariku)
  • sopo sing payah bakal oleh upah” (Barangsiapa mau bersusah payah, maka akan mendapatkan imbalan)
  • الأجر بقدر التعب (Pahala/upah itu sesuai tingkat kepayahannya)
  • من صمت سلم (Barangsiapa yang mau diam -menahan diri- maka akan selamat)
  • النحو أبو العلوم ، والصرف أمها ، فطوبى لمن كان له أبوان (Ilmu Nahwu bagaikan bapak dari segala ilmu, sedangkan ilmu Shorf seperti ibunya. Maka beruntunglah siapa saja yang memiliki bapak serta Ibu/kedua orang tua).
  • أعمال الأجداد تنفع الأولاد / أعمال الأباء تنفع الأبناء “Amal perbuatan kakek-nenek/orang tua mampu memberikan manfaat kepada anak-cucu”.
  • قم ليلك ، صم نهارك ، فإن أمامك مقصودك (Bangunlah di malam hari dan puasalah di siang hari, karena sesungguhnya cita-citamu ada di depanmu).
  • Ojo nganti lali moco sholawat” (Jangan sampai lupa membaca sholawat)
Beliau juga sering menggubah sya’ir-sya’ir Arab sebagai wahana untuk mengekspresikan gagasan maupun perasaan beliau untuk momen atau peristiwa tertentu. Kemampuan beliau dalam hal ini sungguh tidak diragukan lagi. Kenapa tidak, salah satu kebiasaan beliau adalah beliau suka mengetes santri-santri beliau untuk menyempurnakan penggalan syair yang beliau bacakan. Bahkan tidak hanya tentang syair, beliau juga suka memberi pertanyaan tentang Nahwu, Tafsir, Fiqh dan yang lainnya. Fakta ini menunjukkan bahwa beliau termasuk sesosok Kiai dalam arti yang sesungguhnya, karena yang ada di fikiran beliau hanyalah ilmu dan ilmu. Diantara syair-syair gubahan beliau ialah:

مني السلام على مَن لستُ أنساه *** ولا يَمـــلّ لســـاني قـــط ذكــــراه
فإن تغـبْ رؤيةٌ فالقلب سُكناه *** ومَن يكون بقلبي كيف أنساه

Salam dariku untuk seseorang yang aku tidak pernah melupakannya, dan lisanku tak bosan menyebut-nyebutnya. 
Walaupun tidak mampu memandang, tapi hati ini selalu menjadi tempat bersemayamnya. Bagaimana mungkin seseorang yang sudah ada di hatiku bisa aku lupakan?”

Beliau juga pernah mendefinikan orang yang paling buruk dengan syair beliau yang berbunyi:

شرّ الورى من بعيب الناس مشتغلا *** مثل الذبـاب يُـراعي موضع العلـلِ

Seburuk-buruk manusia ialah orang yang disibukkan dengan cacat orang lain. Dia seperti lalat yang selalu tertarik dengan tempat-tempat yang sakit (kotor)

Saat beliau dianugerahi cucu laki-laki, yaitu saat kelahiran Gus Muhammad Nabil putra dari KH. Abdullah Haidar, beliau seketika menggubah syair untuknya:

ياربّ انك بشرتني بنجل *** يـاربّ فاجعلـه خيرَ نسـل
أسمّيـه تبركـا بجليـل *** شيخ كريم بمحمد نبيل

"Ya Robb, Engkau telah membahagiakanku dengan kehadiran seorang anak (cucu), maka jadikanlah dia sebaik-baik keturunan.
"Saya memberinya nama dengan mengharap berkah seorang Syeikh yang mulia, yakni Sayyid Muhammad Nabil"

Sedangkan syair yang terakhir kali beliau gubah sebelum wafat berisi sholawat dan sanjungan beliau kepada Rosululloh shollallohu alaihi wasallam. Hal ini tak lain karena beliau termasuk seorang penggemar dan pecinta berat akan sholawat. Hampir di semua kitab, kertas, lembaran-lembaran, bahkan di pintu ndalem beliau ada tulisan sholawat. Lebih dari itu, selang beberapa hari sepeninggal beliau, ditemukan sebuah tulisan di kertas yang ditempel di salah satu tiang Masjid. Sebelumnya tak seorang pun sadar akan kertas yang ditempel itu. Ternyata di kertas itu ada tulisan tangan beliau yang berbunyi "Ojo Lali Moco Sholawat.. Allohumma Sholli Ala Muhammad.. Kiai Hamdan", atau dalam Bahasa Indonesia bearti "Jangan lupa membaca sholawat, Allohumma Sholli Ala Muhammad, dari Kiai Hamdan". Dan Syair terakhir beliau tadi berbunyi:

محمّد صلواتُ الله تغشَى عليه *** محمد نفعُـه عـمّ على الأمـمِ
محمد لم يزلْ حمدان مستشفعا *** محمد رامـه حمـدان لم يَندمِ

Adalah Muhammad, yang rahmat Alloh selalu tercurah untuknya. Adalah Muhammad, yang manfaatnya menyebar ke semua umat.
Adalah Muhammad, yang Kiai Hamdan selalu meminta syafaat. Adalah Muhammad, yang Kiai Hamdan tidak pernah menyesal untuk selalu menginginkan dirinya

Dan masih banyak lagi syair-syair gubahan beliau yang tidak bisa kami muat disini semuanya.

Wafatnya Guru Kami

Karena usia beliau yang sudah terbilang sudah sepuh, beliau sempat menderita beberapa penyakit (komplikasi) yang tidak begitu parah sebenarnya. Kami pernah menjenguk beliau saat beliau masih dirawat di RS Sultan Agung Semarang. Saat itu beliau terlihat masih sangat bersemangat, dan seperti biasanya beliau masih bisa ngendikan (berkata-kata) tentang banyak hal. Setelah itu, beliau sempat menjalani rawat jalan karena kondisi beliau yang dianggap membaik. Bahkan selama proses rawat jalan itu, beliau masih bisa mengajar dan mengimami sholat berjamaah seperti biasanya.

Setelah sekitar satu tahun berselang, tepatnya pada saat Adzan Isya’ berkumandang, pada malam Senin, 17 Rajab 1434 H atau bertepatan dengan 26 Mei 2013 M, beliau dipanggil Alloh untuk menghadap ke Hadlirat-Nya. Semua santri dan masyarkat Kota Demak benar-benar merasa kehilangan atas kepergian sang Guru mereka. Pada esokan harinya, berbondong-bondong masyarkat berdatangan ke Pondok beliau untuk memberikan penghormatan kepada Guru mereka. Sungguh berjubel masyarkat yang hadir pada saat itu, karena saking banyaknya dan berasal dari beragam lapisan masyarakat, termasuk para pejabat, sahabat, para santri dan yang lain. Guru kami dimakamkan pada waktu pagi hari di komplek pemakaman keluarga berdampingan dengan makam kedua orang tua beliau yang terletak di sebelah Masjid Bahrul Muhith, Masjid peninggalan beliau. Yang sebelumnya, beliau terlebih dahulu disholatkan beberapa kali karena Masjid tak mampu menampung banyaknya jamaah yang hadir saat itu.

Karomah Guru Kami

Guru kami sudah sangat sering berdo’a supaya bisa wafat pada Hari Jum’at. Tapi Alloh berkehendak lain, Dia pilihkan hari wafatnya sama dengan hari wafat sang kekasihNya -Kanjeng Rasul SAW-, yakni pada Hari Senin. Wafat pada Hari Senin tentu memiliki keistimewaan tersendiri, karena junjungan kita Rosululloh shollallohu alaihi wasallam juga wafat pada Hari Senin. Tentu Alloh memilihkan segala sesuatu yang terbaik untuk kekasihnya itu -shollallohu alaihi wasallam-. Tak mengherankan jika Sayyidina Abu Bakr al-Shiddiq juga berharap bisa meninggal pada Hari Senin agar sama  seperti Rasululloh shollallohu alaihi wasallam (cek Shohih al-Bukhori, hadits no. 1387).

Selang beberapa hari setelah wafatnya Guru kami, al-Habib Abdulloh Baqir ibn Ahmad ibn Ali al-Atthos Pekalongan datang berkunjung ke Ndalem Guru Kami yang saat itu disambut oleh putra beliau -KH. Abdulloh Haidar Hamdan-. Sang Habib bercerita dan bersumpah demi Alloh bahwa Guru kami bersama putra beliau -KH. Abdulloh Haidar- dan seorang anak kecil ikut hadir dalam majlis khataman kitab Shohih Bukhori yang beliau adakan setiap tahunnya, yang kebetulan pada tahun itu bertepatan dengan Hari Senin, 13 Mei 2013. Atau dengan kata lain, peristiwa kehadiran itu tepat pada saat prosesi pemakaman Guru kami. Masya’allah.. Ajib.. Perlu ditambahkan disini juga bahwa selama lebih dari 40 tahun, Guru kami selalu menghadiri majlis khataman Shohih Bukhori setiap tahunnya semenjak masa kakek sang Habib tadi, yakni Syeikh al-Habib Ali ibn Ahmad al-Atthos. Kami tidak bisa membayangkan bagaimana perjuangkan beliau sat itu untuk bisa selalu hadir di Pekalongan, padahal pada saat itu sarana transportasinya tentu tak semudah dan secepat saat ini. Apalagi jarak antara Demak dan Pekalongan terpaut sejauh kira-kira 150 km.

Putra Guru kami tadi juga bercerita bahwa banyak dari santri-santri beliau yang bermimpi bertemu beliau sehari atau dua hari sebelum Guru kami wafat. Mimpi-mimpi ini seperti isyarat akan sudah dekatnya kepergian sang Guru. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un.

اللَّهُــمَّ اغْفِرْ لَهُ ، وارْحمْهُ ، وعافِهِ ، واعْفُ عنْهُ ، وَأَكرِمْ نزُلَهُ ، وَوسِّعْ مُدْخَلَهُ واغْسِلْهُ بِالماءِ والثَّلْجِ والْبرَدِ ، ونَقِّه منَ الخَـطَايَا، كما نَقَّيْتَ الثَّوب الأبْيَضَ منَ الدَّنَس ، وَأَبْدِلْهُ دارا خيراً مِنْ دَارِه ، وَأَهْلاً خَيّراً منْ أهْلِهِ، وزَوْجاً خَيْراً منْ زَوْجِهِ ، وأدْخِلْه الجنَّةَ ، وَأَعِذْه منْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَمِنْ عَذَابِ النَّار ، اللَّهُــمَّ عامله بما أنت أهله ، و لا تعامله بما هو أهله و اجزه عن الاحسان احساناً ، و عن الإساءة عفواً و غفراناً ، اللَّهُــمَّ إن كان محسناً فزد في حسناته ، و إن كان مسيئاً فتجاوز عنه يارب العالمين ، اللَّهُــمَّ آنس وحدته ، و آنسه في وحشته ، و آنسه في غربته ، اللَّهُــمَّ أنزله منزلاً مباركاً و أنت خير المنزلين، و أنزله منازل الصديقين و الشهداء و الصالحين و حسن أولئك رفيقاً ، اللَّهُــمَّ اجعل قبره روضة من رياض الجنة ، و لا تجعله حفرة من حفر النار ، اللَّهُــمَّ افسح له في قبره مد بصره ، و افرش قبره من فراش الجنة ، اللَّهُــمَّ أعذه من عذاب القبر ، و جاف الأرض على جنبيه ، و املأ قبره بالرضا و النور ، و الفسحة و السرور ، اللَّهُــمَّ قِهِ السيئات ( و من تق السيئات يومئذٍ فقد رحمه ) و اغفر له في المهديين ، و اخلفه في عقبة في الغابرين ، و اغفر لنا و له يا رب العالمين ، و افسح له في قبره و نوّر له فيه ، اللَّهُــمَّ إنَّ عبدك في ذمتك و حبل جوارك فقِهِ فتنة القبر ، و عذاب النار ، و أنت اهل الوفاء والحق ، فاغفر له و ارحمه ، إنك أنت الغفور الرحيم ، اللَّهُــمَّ إن هذا عبدك ، و ابن عبدك ، و ابن أمتك ، خرج من روَح الدنيا و سعتها ، و محبوبيه و أحبائه فيها ، إلى ظلمة القبر و ما هو لاقيه ، كان يشهد أن لا إله إلا أنت ، و أن محمداً عبدك و رسولك ، و أنت أعلم به ، اللَّهُــمَّ إنه نزل بك و أنت خير منزول به ، و أصبح فقيراً إلى رحمتك ، و أنت غني عن عذابه ، آته برحمتك رضاك ، و قِهِ فتنة القبر و عذابه ، و آته برحمتك الأمن من عذابك ، حتى تبعثه إلى جنتك ، يا أرحم الراحمين .الفاتحة....

Untuk kembali ke bagian sebelumnya, silakan klik BAGIAN-1 dan BAGIAN-2.

*) Biografi ini kami rangkum dari apa yang ada di kitab kecil berbahasa arab "Dauhah al-Wardi wa al-Raihan fi Tarjamah Kiyahi Hamdan" karya putra beliau, KH. Abdullah Haidar Hamdan, lalu kami tata ulang dan tambahkan pula beberapa kisah/informasi baik dari pengalaman kami pribadi saat menjadi santri beliau maupun dari hasil wawancara dengan para dzurriyah dan santri beliau yang lain.

CONVERSATION

1 comments: