Pagi Hari Penuh Berkah


Dalam menjalani hidup ini, seyogyanya selalu berlandaskan ilmu dan prioritas. Salah satunya adalah dengan tidak menyia-nyiakan waktu yang sebenarnya penuh keberkahan. Dalam esai ini, kami akan menyampaikan salah satu waktu yang penuh berkah adalah waktu pagi hari.

عَنْ صَخْرِ بْنِ وَدَاعَةَ الغَامِدِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا»، قَالَ: وَكَانَ إِذَا بَعَثَ سَرِيَّةً، أَوْ جَيْشًا، بَعَثَهُمْ أَوَّلَ النَّهَارِ، وَكَانَ صَخْرٌ رَجُلًا تَاجِرًا، وَكَانَ إِذَا بَعَثَ تِجَارَةً بَعَثَهُمْ أَوَّلَ النَّهَارِ، فَأَثْرَى وَكَثُرَ مَالُهُ وَفِي البَاب عَنْ عَلِيٍّ، وَابْنِ مَسْعُودٍ، وَبُرَيْدَةَ، وَأَنَسٍ، وَابْنِ عُمَرَ، وَابْنِ عَبَّاسٍ، وَجَابِرٍ.

Dari shohabat Shokhr bin Wada’ah Al-Ghomidi, bahwasanya Nabi pernah berdo’a: Ya Alloh, berkahi ummatku di waktu pagi mereka. Nabi sendiri ketika mengirim pasukan perang juga di pagi hari. Dan Shohabat Shokhr itu seorang padagang, beliau ketika mengirim barang dagangan juga di pagi hari (karena mengikuti do’a dan sunnah Nabi [1]), sehingga beliau menjadi kaya dan berlimpah hartanya (karena do’a Nabi pasti terkabulkan [1]). Dengan topik yang sama, hadits ini juga diriwayatkan dari Shahabat Ali, Ibn Mas’ud, Buraidah, Anas, Ibn Umar, Ibn Abbas dan Jabir. (HR At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibn Majah dan Ad-Darimi. Oleh Imam At-Tirmidzi, hadits ini dinilai hasan).

Perlu diketahui, permulaan hari dalam bahasa arab disebut fajr, setelahnya disebut shobah, kemudian bukroh, dluha, dlohwah, hajiroh, dzuhur, rowah, masa’, ashar, ashil, isya’ awal dan kemudian isya’ tsani [2]. Sehingga dapat dipahami, bukroh itu waktu pagi-pagi sekali (sebelum waktu dluha).

Imam Nawawi dalam Ru’usul Masa’il berkata: Disunnahkan bagi orang yang mempunya wadhifah, baik berupa bacaan, ilmu-ilmu syari’at, tasbih maupun pekerjaan, untuk melakukannya di pagi hari. Begitu juga saat mau pergi, melakukan aqad nikah, ataupun memulai sesuatu urusan [2]. Lewat hadits ini pula, Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Majmu’ Syarh Muhadzdzab [3] membuat satu fasl khusus tentang berpagi-hari dalam mencari mata-pencaharian ( فَصْلٌ: فِي التَّبْكِيرِ فِي طَلَبِ الْمَعِيشَةِ ).

Nabi mengkhususkan do’a-berkah untuk waktu pagi dari waktu-waktu yang lain, wa-Allohu-A’lam, karena waktu pagi adalah waktu dimana manusia memulai untuk melakukan aktivitas-aktivitasnya, dan waktu ini juga termasuk waktu yang nasyath (penuh semangat dan sigap). Oleh sebab itu, Nabi mengkhusukannya supaya semua umatnya mendapatkan berkah dari do’a beliau [4].

Karena berkah do’a Nabi pula, kita dapati orang-orang besar dan para profesor mampu menghasilkan banyak karya dan tulisan karena mereka melakukannya di pagi hari. Banyak sekali inspirasi-inspirasi yang mereka peroleh saat di waktu pagi. Sehingga, bagi siapapun yang sedang mengalami kesulitan dalam pekerjaan, tugas, skripsi maupun yang lain, coba diselesaikan saat pagi hari (mulai ba’da shubuh sampai waktu dluha), Insya’Alloh lewat berkah do’a Nabi, kesemuanya akan terselesaikan dan akan mendapatkan hasil/nilai yang berkah.

Referensi:

[1] Syeikh Ali al-Harowi Al-Qori (w. 1014 H) dalam مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح Juz 6/2517.
[2] Syeikh Zainuddin Al-Manawi (w. 1031 H) dalam فيض القدير شرح الجامع الصغير Juz 2/103.
[3] Imam Abu Zakaria An-Nawawi (w. 676 H) dalam المجموع شرح المهذب ((مع تكملة السبكي والمطيعي))  Juz 9/152.
[4] Syeikh Ibn Bathol (w. 449 H) dalam شرح صحيح البخارى لابن بطال Juz 5/124.

CONVERSATION

1 comments: