Posisi Jari Telunjuk Saat Tasyahhud


Saya mencoba meringkas pendapat dari empat madzhab fiqh yang ada, terkait posisi jari telunjuk saat tasyahhud dalam sholat. Ringkasan ini saya rangkum dari kitab “Al-Fiqh ala Al-Madzahib Al-Arba’ah” karya Syeikh Abdurrahman Al-Jaziry (w. 1360 H).


Madzhab Malikiyah

المالكية قالوا: يندب في حالة الجلوس للتشهد أن يعقد ما عدا السبابة والإبهام تحت الإبهام من يده اليمنى؛ وأن يمد السبابة والإبهام، وأن يحرك السبابة دائماً يميناً وشمالاً تحريكاً وسطاً.

Madzhab Malikiyah berpendapat: Saat tahiyat (tasyahhud), disunnahkan melipat semua jari -kecuali jari telunjuk dan jempol- di bawah jempol dari tangan kanan, dan mengacungkan jari telunjuk dan jempol, serta menggerak2an jari telunjuknya terus-menerus kekanan dan kekiri dengan gerakan sedang.

Madzhab Hanafiyah

الحنفية قالوا: يشير بالسبابة من يده اليمنى فقط، بحيث لو كانت مقطوعة أو عليلة لم يشر بغيرها من أصابع اليمنى، ولا اليسرى عند انتهائه من التشهد، بحيث يرفع سبابته عند نفي الألوهية عما سوى الله تعالى بقوله: لا إله إلا الله، ويضعها عند إثبات الألوهية لله وحده بقوله: إلا الله، فيكون الرفع إشارة إلى النفي، والوضع إلى الإثبات.

Madzhab Hanafiyah mengatakan: Mengacungkan jari telunjuknya (dari tangan kanan) ketika melafadzkan nafyu al-uluhiyah (=Laa-ilaha), kemudian menurunkannya saat melafadzkan itsbat al-uluhiyah (=illa Alloh).

Madzhab Hanabilah

الحنابلة قالوا: يعقد الخنصر والبنصر من يده، ويحلق بإبهامه مع الوسطى، ويشير بسبابته في تشهد ودعائه عند ذكر لفظ الجلالة، ولا يحركها.

Madzhab Hanabilah mensunnahkan melipat jari kelingking dan jari manis, sambil menempelkan jempolnya ke jari tengah, kemudian mengacungkan jari telunjuk disaat menyebut lafadz jalalah “Alloh” dengan tidak menggetarkannya.

Madzhab Syafi'iyah

الشافعية قالوا: يقبض جميع أصابع يده اليمنى في تشهده إلا السبابة، وهي التي تلي الإبهام، ويشير بها عند قوله إلا الله، ويديم رفعها بلا تحريك إلى القيام في التشهد الأول، والسلام في الشهد الأخير، ناظراً إلى السبابة في جميع ذلك، والأفضل قبض الإبهام بجنبها، وأن يضعها على طرف راحته.

Sedangkan Madzhab Syafi’iyah berpendapat: Menggenggam semua jari kecuali jari telunjuk, kemudian mengacungkan jari telunjuknya itu dimulai saat menyebut lafadz “illa-Alloh” secara terus-menerus tanpa gerakan sampai salam.

Wa-Allohu-A’lam,

CONVERSATION

0 comments:

Posting Komentar