Doa Nabi Adam yang Digandrungi Banyak Kiai

 

Diantara doa yang sering dipanjatkan oleh guru kami –Allahu Yarham KH. Hamdan Ar Rafi’i, adalah doa yang disebut-sebut berasal dari Nabi Adam -alaihis salām-. Ada beberapa riwayat hadis yang bersumber dari Baginda Nabi -shallāhu alaihi wasallam- yang menjelaskan doa Nabi Adam ini. Kalau kita mau menghayati setiap ungkapan dari redaksi doanya, kita akan temukan murninya sebuah pengakuan, dalamnya katauhidan, serta hakikat dari sebuah permintaan. Tak heran jika doa yang begitu indah ini, mengandung faedah dan keutamaan yang luar biasa.

Kami juga akan buktikan jika ada banyak ulama ahli hadis yang secara tegas tidak mempersoalkan status riwayat hadisnya, sehingga boleh dan bahkan dianjurkan untuk diamalkan. Oleh karenanya, banyak Kiai -termasuk guru kami- yang menggandrungi doa yang terbilang super ini.

Berikut ini kami sajikan beberapa riwayat hadis yang menjelaskan isi dan faedah doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Adam -alaihis salām- sesaat setelah beliau diturunkan ke dunia.

[1] Hadis Buraidah bin Hushaib -radliyallāhu anhu-

Diriwayatkan oleh Al Azraqi dalam Tārîkh Makkah [1], Ath Thabarani dalam Al Kabîr [2], Al Baihaqi dalam Ad Da’awāt [3], dan Ibnu Asakir dalam Tārîkh Damsyiq [4] dari Buraidah bin Hushaib Al Aslami -radliyallāhu anhu-, bahwasanya Nabi -shallāhu alaihi wasallam- bersabda:

عَنْ ‌‌‌بُرَيْدَة ‌بْنِ حُصَيْبٍ الْأَسْلَمِيُّ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ -، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: « لَمَّا أَهْبَطَ اللَّهُ - عَزَّ وَجَلَّ - آدَمَ إِلَى الأَرْضِ طَافَ بِالْبَيْتِ سَبْعًا وفي رواية البَيهَقِيّ: أُسْبُوعًا  –، وَصَلَّى خَلْفَ الْمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ قَالَ: اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّي وَعَلانِيَتِي، فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِي، وَتَعْلَمُ حَاجَتِي فَأَعْطِنِي سُؤْلِي، وَتَعْلَمُ مَا عِنْدِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي، أَسْأَلُكَ إِيمَانًا يُبَاشِرُ وَفي روايةِ البَيهَقِيّ: يُبَاهِيقَلْبِي، وَيَقِينًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيبَنِي إِلّا مَا كَتَبْتَ لِي، وَرَضِّنِي بِقَضَائِكَ. فَأَوْحَى اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَيْهِ: يَا آدَمُ! إِنَّكَ قَدْ دَعَوْتَنِي دُعَاءً اسْتَجَبْتُ لَكَ فِيهِ، وَلَنْ يَدْعُوَنِي بِهِ أَحَدٌ مِنْ ذُرِّيَّتِكَ مِنْ بَعْدِكَ إِلّا اسْتَجَبْتُ لَهُ، وَغَفَرتُ لَهُ ذَنْبَهُ، وَفَرَّجْتُ هَمَّهُ – زَادَ في روايةِ البَيهَقِيّ: وَغُمُومَهُ –، وَاتَّجَرْتُ لَهُ مِنْ وَرَاءِ كُلِّ تَاجِرٍ، وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ، وَإِنْ كَانَ لا يُرِيدُهَا ».


“Ketika Allah -Azza wa Jalla- menurunkan Nabi Adam ke muka Bumi, Nabi Adam lalu bertawaf di Baitullah sebanyak tujuh kali dan shalat dua rakaat di belakang Al Maqam. Kemudian beliau berdoa:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّي وَعَلانِيَتِي، فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِي، وَتَعْلَمُ حَاجَتِي فَأَعْطِنِي سُؤْلِي، وَتَعْلَمُ مَا عِنْدِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي، أَسْأَلُكَ إِيمَانًا يُبَاشِرُ قَلْبِي، وَيَقِينًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيبَنِي إِلّا مَا كَتَبْتَ لِي، وَرَضِّنِي بِقَضَائِكَ.

(Ya Allah, sungguh Engkau tahu apa yang tersembunyi dan tampak dariku, karena itu terimalah penyesalanku. Engkau tahu kebutuhanku, maka kabulkanlah permintaanku. Engkau tahu apa yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosaku. Aku memohon kepada-Mu iman yang menyentuh (dalam riwayat Al Baihaqi: membanggakan) kalbuku dan keyakinan yang benar sehingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali apa yang telah Engkau tetapkan atasku. Dan berikanlah rasa rela kepadaku terhadap takdir-Mu).

Kemudian Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Adam: ‘Wahai Adam, sungguh kamu telah berdoa kepada-Ku dengan doa yang Aku kabulkan permintaanmu dalam doa itu. Tidak ada seorang pun dari keturunanmu yang datang setelahmu yang berdoa dengan doa ini kecuali Aku mengabulkannya, Aku ampuni dosa-dosanya, Aku angkat kekhawatirannya (dan kesedihannya; tambahan dari riwayat Al Baihaqi), Aku niagakan dia melebihi perniagaan semua saudagar, dunia akan datang dan tunduk kepadanya walaupun dia tidak menginginkannya’.”

Hadis ini disebutkan pula oleh Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani dalam karya beliau Natā’ij Al Afkār, lalu beliau berkomentar: Ini hadis gharib, ada rawi bernama Sulaiman bin Muslim, dia dhaif sekali, tetapi Hafsh bin Sulaiman menyetujuinya, dari Alqamah bin Martsad, dari Sulaiman bin Buraidah. Abul Walid Al Azraqi meriwayatkan hadis ini dari jalur Hafsh yang juga dhaif, hanya saja beliau adalah imam dalam ilmu qira’ah. Al Azraqi juga meriwayatkannya dari jalur Abdullah bin Abi Sulaiman -mawla Bani Makhzum- secara mawquf. [5]
Walaupun demikian, Al Hafidz As Suyuthi dalam Ad Durr Al Mantsūr [6] dan Al Allamah Najmuddin Al Ghazzi dalam Husn At Tanabbuh [7] sepakat berkata: sanadnya la ba’sa bihi (tidak ada masalah).

[2] Hadis A’isyah -radliyallāhu anhā-

Riwayat lain yang menjelaskan doa Nabi Adam saat beliau diturunkan ke muka Bumi adalah hadis yang bersumber dari Ummil Mukminin Sayyidah A’isyah -radliyallāhu anha-, dari Baginda Nabi -shallāhu alaihi wasallam-. Beliau pernah bersabda:

عَنْ عَائِشَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا -، عَنِ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَالَ: « لَمَّا ‌أَهْبَطَ اللَّهُ ‌آدَمَ إِلَى الْأَرْضِ، قَامَ وَجَاءَ ‌الْكَعْبَةَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ، فَأَلْهَمَهُ اللَّهُ هَذَا الدُّعَاءَ: اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سَرِيرَتِي وَعَلَانِيَتِي، فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِي، وَتَعْلَمُ حَاجَتِي فَأَعْطِنِي سُؤْلِي، وَتَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي ذَنْبِي، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ إِيمَانًا يُبَاشِرُ قَلْبِي، وَيَقِينًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَا يُصِيبُنِي إِلَّا مَا كَتَبْتَ لِي، وَرِضًا بِمَا قَسَمْتَ لِي ». قَالَ: « فَأَوْحَى اللَّهُ إِلَيْهِ: يَا ‌آدَمُ، قَدْ قَبِلْتُ تَوْبَتَكَ، وَغَفَرْتُ ذَنْبَكَ، وَلَنْ يَدْعُوَنِي أَحَدٌ بِهَذَا الدُّعَاءِ إِلَّا غَفَرْتُ لَهُ ذَنْبَهُ، وَكَفَيْتُهُ الْمُهِمَّ مِنْ أَمْرِهِ، وَزَجَرْتُ عَنْهُ الشَّيْطَانَ، وَاتَّجَرْتُ لَهُ مِنْ وَرَاءِ كُلِّ تَاجِرٍ، وَأَقْبَلَتْ إِلَيْهِ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ، وَإِنْ لَمْ يُرِدْهَا ».


“Ketika Allah menurunkan Nabi Adam ke muka Bumi, Nabi Adam berdiri sambil menghadap Ka’bah, lalu beliau menunaikan shalat dua rakaat. Lalu Allah memberikan ilham kepadanya doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سَرِيرَتِي وَعَلَانِيَتِي، فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِي، وَتَعْلَمُ حَاجَتِي فَأَعْطِنِي سُؤْلِي، وَتَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي ذَنْبِي، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ إِيمَانًا يُبَاشِرُ قَلْبِي، وَيَقِينًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَا يُصِيبُنِي إِلَّا مَا كَتَبْتَ لِي، وَرِضًا بِمَا قَسَمْتَ لِي


Setelah itu, Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Adam: ‘Wahai Adam, sungguh Aku telah menerima taubatmu dan mengampuni kesalahanmu. Tidak ada seorang pun yang berdoa dengan doa ini melainkan Aku ampuni dosanya, Aku cukupkan urusannya, Aku tolak setan dari menjerumuskannya, Aku niagakan dia melebihi perniagaan semua saudagar, serta dunia akan datang dan tunduk kepadanya walaupun dia tidak menginginkannya’.”

Hadis Aisyah ini diriwayatkan oleh Ath Thabarani dalam Al Ausath [8] dan Ibnu Asakir dalam Tārîkh Damsyiq.

Ath Thabarani berkata: ‘Tidak meriwayatkan hadis ini dari Hisyam bin Urwah kecuali Mu’adz bin Muhammad, dan An Nadlr bin Thahir sendirian dalam riwayat ini’. Al Hafidz Al Haitsami menambahkan: ‘An Nadlr bin Thahir adalah rawi yang dhaif’ [9]. Al Hafidz Ibnu Hajar dan Imam As Suyuthi juga menilai dhaif sanadnya [10].

Hanya saja perlu kami tekankan disini dan dicatat bahwa, setelah Al Hafidz Ibnu Hajar mendhaifkan kedua hadis tadi (hadis Buraidah dan A’isyah) dan meneliti beragam jalur riwayatnya, beliau menutupnya dengan ungkapan:

وهذه الطرق الأربعة تُرَقِّي الحديث إلى مرتبةِ ما يُعْمَل به من فضائل الأعمال؛ كالدعاء.
“Keempat jalur riwayat ini (dari hadis Buraidah dan A’isyah) mampu meningkatkan derajat hadisnya ke tingkat yang boleh diamalkan, karena berupa keutamaan amal seperti halnya doa”. [11]

[3] Riwayat lain dari A’isyah -radliyallāhu anhā- (secara mawquf)

Hadis yang mirip juga diriwayatkan oleh Al Janadi dalam Fadla’il Makkah [12] dan Ibnu Asakir dalam Tārîkh Damsyiq [13] dari A’isyah secara mawquf. Dalam riwayat ini dijelaskan bahwa pada saat Nabi Adam berdoa, Ka’bah masih berupa anak bukit yang berwarna merah. Berikut adalah redaksi hadis secara utuh:

عَنْ عائِشَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا -، قَالَتْ: « لمَّا أَرَادَ اللَّهُ - عَزَّ وَجَلَّ - أَنْ يتوبَ عَلَى آدمَ - عليه السلام - طَافَ بِالْبَيْتِ سَبْعًا، والبيتُ يومئذٍ رَبْوَة حَمراءُ، فلمّا صلَّى ركعتَين، قَامَ واستقبل البَيت، وَقَالَ: اللَّهُمَّ إنَّك تَعْلَمُ سِرِّي وَعَلانِيَتِي، فاقبَلْ مَعذِرتي، وتعلمُ حَاجَتِي، فأَعْطِنِي سُؤْلِي، وتعلَمُ مَا فِي نَفْسِي، فَاغفِرْ لي ذُنوبِي، اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ إِيمَانًا يُباشِرُ قَلْبِي، وَيَقِينًا صادِقًا حَتَّى أعلَمَ أَنَّهُ لا يُصِيبُنِي إِلّا مَا كتَبتَ لي، وَرَضِّنِي بِمَا قَسَمْتَ لِي. فأَوحَى اللهُ تعالى إليهِ: إنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَكَ ذنبَك، ولَم يأتنِي أحدٌ مِنْ ذُرِّيتك فيدعوَني بمِثل ما دعَوتَني إِلّا غفَرتُ ذنوبَه، وكَشَفتُ غمُومَه وهمُومَهُ، ونزَعتُ الفَقرَ مِنْ بَيْنِ عَيْنَيْهِ، واتَّجَرْتُ لَهُ مِنْ ورَاءِ كلِّ تاجِرٍ، وجاءَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ راغمةٌ، وَإِنْ كَانَ لا يريدُها ».


Hadis ini disebutkan pula oleh Imam As Suyuthi dalam Ad Durr Al Mantsūr dan beliau menisbatkannya kepada Al Janadi, Ath Thabarani dan Ibnu Asakir [14]. Imam Ibnu Abi Hatim dalam Al Ilal menyebut riwayat ini sebagai hadis munkar [15].

[4] Riwayat Abdullah bin Sulaiman -radliyallāhu anhu- (secara mawquf)

Imam Al Azraqi juga meriwayatkan hadis yang mirip, bersumber dari Abdullah bin Sulaiman -mawla Bani Makhzum- secara mawquf. Dalam riwayat ini, tempat Nabi Adam memanjatkan doanya adalah di Multazam (antara pintu Ka’bah dan Hajar Aswad). Di akhir hadis, sang perawi menambahkan jika semenjak Nabi Adam tawaf, muncul kesunahan untuk bertawaf.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي سُلَيْمَانَ - مَوْلَى بَنِي مَخْزُومٍ -، أَنَّهُ قَالَ: « طَافَ آدَمُ سَبْعًا بِالْبَيْتِ حِينَ نَزَلَ، ثُمَّ صَلَّى وِجَاهَ بَابَ الْكَعْبَةِ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ أَتَى الْمُلْتَزَمَ، فَقَالَ: اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سَرِيرَتِي وَعَلَانِيَتِي، فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِي، وَتَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي وَمَا عِنْدِي، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي، وَتَعْلَمُ حَاجَتِي فَأَعْطِنِي سُؤْلِي، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ إِيمَانًا يُبَاشِرُ قَلْبِي، وَيَقِينًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيبَنِي إِلَّا مَا كَتَبْتَ لِي، وَالرِّضَا بِمَا قَضَيْتَ عَلَيَّ. فَأَوْحَى اللَّهُ تَعَالَى إِلَيْهِ: يَا آدَمُ، قَدْ دَعَوْتَنِي بِدَعَوَاتٍ وَاسْتَجَبْتُ لَكَ، وَلَنْ يَدْعُوَنِي بِهَا أَحَدٌ مِنْ وَلَدِكِ إِلَّا كَشَفْتُ هُمُومَهُ وَغُمُومَهُ، وَكَفَفْتُ عَلَيْهِ ضَيْعَتَهُ، وَنَزَعْتُ الْفَقْرَ مِنْ قَلْبِهِ، وَجَعَلْتُ الْغِنَى بَيْنَ عَيْنَيْهِ، وَتَجَرْتُ لَهُ مِنْ وَرَاءِ تِجَارَةِ كُلِّ تَاجِرٍ، وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِيَ رَاغِمَةٌ، وَإِنْ كَانَ لَا يُرِيدُهَا ». قَالَ: « فَمُنْذُ طَافَ آدَمُ كَانَتْ سُنَّةُ الطَّوَافِ ».


Kedua hadis mawquf ini kami ikut sertakan disini sekedar untuk pelengkap, dan ingin menunjukkan jika ada banyak riwayat dari beragam jalur yang menjelaskan doa Nabi Adam -alaihis salām- ini. Sungguh benar jika Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani menegaskan bahwa beragam jalur riwayatnya mampu menguatkan status derajatnya hingga boleh untuk diamalkan. Dan tidak berlebihan jika Al Hafidz As Suyuthi menilai tak bermasalah sanadnya.

Wallāhu A’lam.

@Abdul Latif Ashadi

[1] Akhbār Makkah (1/349) karya Imam Abul Walid Al Azraqi (w. 250 H).
[2] Sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu Katsir dalam Jami’ Al Masanid Was Sunan (no. 742) dan dalam Tafsirnya (1/240).
[3] Ad Da’awāt Al Kabîr (1/352, no. 262). Sang muhaqqiqnya berkata: Sanadnya dhaif karena dalam sanadnya ada rawi yang bernama Sulaiman bin Qasim.
[4] Tārîkh Damsyiq (7/427-428; 7/431-432) karya Al Hafidz Ibnu Asakir (w. 571 H).
[5] Natā’ij Al Afkār fî Takhrîj Ahādîts Al Adzkār (5/290-291) karya Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani (w. 852 H).
[6] Ad Durr Al Mantsūr fî At Tafsir bin Ma’tsūr (1/143) karya Al Hafidz As Suyuthi (w. 911 H).
[7] Husn At Tanabbuh limā Warada fî At Tasyabbuh (5/204) karya Al Allamah Najmuddin Al Ghazzi (w. 1061 H).
[8] Al Mu’jam Al Ausath (6/117-118, no. 5974).
[9] Majma’ Az Zawā’id wa Manba’ Al Fawā’id (10/183, no. 17426) karya Al Hafidz Nuruddin Al Haitsami (w. 807 H).
[10] Ad Durr Al Mantsūr fî At Tafsir bin Ma’tsūr (1/143) karya Al Hafidz As Suyuthi (w. 911 H).
[11] Natā’ij Al Afkār fî Takhrîj Ahādîts Al Adzkār (5/291) karya Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani (w. 852 H).
[12] Fadlā’il Makkah (hal. 118, no. 51) karya Abu Sa’id Al Janadi (w. 308 H).
[13] Tārîkh Damsyiq (7/431).
[14] Ad Durr Al Mantsūr fî At Tafsir bin Ma’tsūr (1/143).
[15] Al Ilal (5/381) karya Ibnu Abi Hatim Ar Razi (w. 327 H).

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment